Jumat, 10 Mei 2013

Published 6:23:00 PM by with 0 comment

ASAS-ASAS KEPEMIMPINAN AGAMA HINDU



Asas-Asas Kepemimpinan Hindu
Hindu sebagai agama tertua di dunia sudah tentu menjadi agama yang paling kaya akan sastra-sastra agamanya. Berbagai macam jenis ajaran dimilikinya, semua itu terangkum dalam kitab suci Weda. Weda adalah sumber tertua ajaran Agama Hindu.

PANCA  DASA PRAMITENG PRABHU
Dalam kitab “Nagara Kertagama”, Rakawi Prapanca melukiskan keutamaan asas-asas kepemimpinan yang patut dipedomi oleh setiap pemimpin. Asas-asas kepemimpinan yang tertuang dalam kitab Nagara Kertagama tersebut sejalan dengan sifat-sifat pemimpin besar bangsa Indonesia, yaitu Gajah Mada sebagai maha patih Kerajaan  Majapahit. Sifat-sifatnya yang utama itulah menyebabkan Gajah Mada berhasil memimpin Kerajaan Majapahit. Dinyatakan ada 15 (lima belas) keutamaan sifat-sifat Gajah Mada menurut Rakawi Prapanca yang disebut Panca Dasa Pramiteng Prabhu.
Kata Panca Dasa Pramiteng Prabhu, terdiri dari kata :
  • Panca                    = Lima
  • Dasa                      = Sepuluh
  • Pramiteng           = Sifat Yang Utama
  • Prabhu                 = Pemimpin Atau Raja
Panca Dasa Pramiteng Prabhu berarti lima belas macam sifat utama yang patut dipedomi dan dilaksanakan oleh setiap pemimpin dalam memimpin masyarakat atau bangsa dan negaranya. Dengan mempraktikan sifat-sifat kepemimpinan ini secara utuh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka kemungkinan besar apa yang menjadi tujuan dari bangsa dan Negara yang bersangkutan dapat terwujud dengan baik.
Sifat-sifat utama pemimpin yang patut dipedomi oleh setiap pemimpin “Hindu” yang tertuang dalam ajaran Panca Dasa Pramiteng Prabhu adalah :
1.       Wijaya
Berlaku bijaksana dan penuh hikmat dalam menghadapi masalah yang sangat penting.
2.       Mantriwira
Bersifat pemberani dalam membela Negara
3.       Wicaksanengnaya
Sangat bijaksana dalam memimpin
4.       Natanggwan
Mendapat kepercayaan dari rakyat dan Negara.
5.       Satyabhakti aprabhu
Selalu setia dan taat pada atasan
6.       Wakmiwak
Pandai berbicara baik di depan umum maupun derdiplomasi
7.       Sarjawaupasawa
Bersifar sabar dan rendah hati
8.       Dhirotsaha
Bersifat teguh hati dalam segala usaha
9.       Teulelana
Bersifat teguh iman, selalu riang atau optimis dan antusias
10.   Dibyacita
Bersifat lapang dada atau toleransi dapat menghargai pendapat orang lain
11.   Tansatresna
Tidak terikat pada kepentingan golongan atau pribadi yang bertentangan dengan kepentingan umum
12.   Masihsatresnabhuwana
Bersifat menyayangi isi alam
13.   Ginengpratidina
Setiap hari berusaha berbuat baik dan berusaha tidak mengulangi perbuatan-perbuatan buruk.
14.   Sumantri
Bersifat menjadi abdi Negara dan penasihat yang baik
15.   Anayakenmusuh
Mampu membersihkan musuh-musuh Negara.
Demikian pandangan Rakawi Prapanca pada sifat-sifat utama yang dimiliki oleh Gajag Mada sehingga ia menjadi pemimpin yang dapat mempersatukan Nusantara. Sifat dan sikapnya itu patut dicontoh oleh setiap individu dan para pemimpin bangsa ini sehingga tujuan dan cita-cita Negara dapat terwujud.




Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu  Asas-Asas Kepemimpinan Hindu Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa Panca dasa 
    email this       edit

0 komentar:

Posting Komentar