Jumat, 10 Mei 2013

Published 6:14:00 PM by with 0 comment

PENGERTIAN EMAIL DAN FUNGSINYA



Pengertian Email dan Fungsinya.


PENGERTIAN EMAIL

Email (bahasa Inggris) adalah singkatan dari elektronik-mail yang artinya surta elektronik. Dalam bahasa Indonesia bisa disingkat “ratel”, “ratron”, “surel”, atau “surat-e”. Untuk selanjutnya sebutan yang terkenal adalah EMAIL. Arti dari email menurut wikipedia adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet)


FUNGSI EMAIL
Semua yang ada hubungannya dengan intnernet (netter) pasti butuh email. Jadi fungsinya banyak sekali;
1.     Kirim apapun lewat internet sarananya adalah email; surat, foto, gambar, ebook, video, dll
2.    Aplikasi apapun menggunakan email untuk daftar; fb, buat blot/site, jadi anggota milis, dll.
3.    Kebutuhan-kebutuhan lainnya; kontak person, periklanan, klik bank, dll.
JENIS-JENIS EMAIL

I.         Dari Mekanismenya

Dalam perkembangannya, email ternyata tidak hanya seperti yang dideskripsikan pada bagian I. Lebih detil, dari mekanisme pengiriman dan penerimaannya terdapat beberapa jenis sebagai berikut :



1.    POP Emai

POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang dilalui sebuah email mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang mesti melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Akan halnya dengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tiba pada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kita terdaftar.

2.    Web-based

Email / email gratisWeb-based Email, atau email berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account email dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa email gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan menulis sebuah email, email tersebut tidak ditulis pada email client yang konvensional tapi pada sebuah kolom / halaman khusus yang disediakan untuk itu. Pada kolom / halaman tersebut sudah lengkap tersedua bagian-bagian yang bisa diklik, untuk mengirimkan, menyimpan, dan sebagainya.
Bila kita akan mengecek apakah ada email yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa email semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan email client, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dll.

3.    Email Forwarder

Email Forwarder adalah sebuah fasilitas yang dulu banyak tersedia secara gratis, tapi kini sudah banyak yang komersial, dalam arti menuntut kita untuk membayar sejumlah uang tertentu.
Pengertian email forwarder adalah sebuah cara untuk membuat alias dari alamat email kita yang sebenarnya. Sebagai contoh, alamat email saya yang sebenarnya adalah, akan tetapi saya masih bisa menerima email dari manapun juga yang dialamatkan kepada inbox untuk alamat email saya yang asli. Dalam hal ini adalah sebuah email forwarder, karena semua email yang ditujukan kepada alamat itu akan diteruskan lagi ke alamat yang sebenarnya
Orang menggunakan email forwarder dengan berbagai macam alasan. Mungkin alamat email yang sebenarnya dirasakan terlalu jelas menunjukkan identitas seseorang, seperti ISP yang digunakan, atau negara asal pengirim. Alasan lain boleh jadi adalah bila seseorang ingin anonim dalam sebuah forum diskusi tertentu, atau mungkin menggunakan sebuah email forwarder dan dengan identitas yang sama sekali lain. Ada pula yang menggunakan email forwarder untuk menghindari kemungkinan menerima spamming.

II.      Dari Segi Format Isi

Pengertian format isi di sini adalah bagaimana penampakan visual sebuah pesan email. Ada dua macam yaitu :

1.   Plain Text
Dengan plain text, dimaksudkan bahwa tulisan yang kita ketikkan hanya berupa data dalam format ASCII (American Standard Code for Information Interchange). Tulisan yang disajikan dalam format plain text sama sekali tidak memungkinkan kita untuk membuat modifikasi pada tampilan visualnya, seperti membuat tebal, atau membuat miring sebuah teks, mengganti warna, ukuran huruf, latar belakang, atau membubuhkan hiasan-hiasan tertentu.

2.    HTML
HTML singkatan dari HyperText Mark-up Language, yaitu sebuah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan / mengatur penampilan materi-materi informasi di internet. Email yang ditulis dengan menggunakan format HTML akan memungkinkan isinya disusun secara variatif, mulai dari pengaturan huruf, warna, lay out, sampai peletakan gambar.
Seringkali bila kita mengirim email ke sebuah forum diskusi / milis ada himbauan untuk hanya mengirimkan email dalam format plain text saja. Hal ini disebabkan biasanya email dalam format HTML memiliki ukuran yang lebih besar dari yang berformat plain text. Alasan lain adalah karena tidak semua orang dalam sebuah milis menggunakan email client yang bisa menampilkan HTML, sehingga ketika sebuah email HTML dibuka, isinya hanya serangkaian kode-kode yang tidak bisa dipahami sama sekali. Sebenarnya hampir semua email client dewasa ini sudah mendukung format HTML, sehingga kini jarang ditemui keluhan seseorang yang tidak bisa membaca sebuah email, hanya karena email yang dibacanya itu dibuat dalam format HTML. Banyak orang yang memang tidak peduli apakah plain text atau HTML, tapi pertanyaannya ; bila dengan format yang sederhana saja sudah bisa menyampaikan pesan, mengapa mesti dengan HTML.


ETIKA BER-EMAIL
Description: wges
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan korespondensi via online atau email. Hal tersebut dinamakan dengan etika ber-email. Etika ber-email diperlukan sebagai upaya berkorespondensi yang sehat. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.
Etika ber-email yang akan saya berikan merupakan tips dari berbagai sumber dan opini saya pribadi. Semoga tulisan ini bermanfaat nantinya.
Norma ber-email antara lain adalah:
1.    Menggunakan program spell-check
2.    Baca kembali pesan email dengan hati-hati sebelum mengirimkannya
3.    Jangan pernah menulis dengan menggunakan huruf capital atau huruf kecil semuannya
4.    Jangan menggunakan font atau warna tertentu
5.    Jangan lupa menulis topic subjek
6.    Tetap bersikap sopan dalam ber-email
7.    Jangan mengirim email tanpa izin
8.    Kalau menerima email yang membuat marah, jangan lagsung dijawab
9.    Gunakan emoticon untuk menunjukkan emosi
10. Bersabarlah
Itulah etika yang harus digunakan dalam berkirim surat elektronik via email. 

Semoga Bermanfaat.


Pengertian Email.
Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email. Pengertian Email.

    email this       edit

0 komentar:

Posting Komentar